Home / Analisa / Berita Fundamental 6 November 2019

Berita Fundamental 6 November 2019

/
/
/
209 Views
img

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Dollar Terangkat Oleh Isu Perdagangan

Dollar menguat kemarin berkat berita optimis perdagangan berha5il mengangkat sentimen, dengan perkembangan terbaru adalah AS siap berkompromi terhadap beberapa permintaan China. Presiden China Xi Jinping menekankan komitmennya terhadap perdagangan global dan mengatakan bahwa negaranya akan membuka pintu ke dunia, namun tidak menyebut akan mengakhiri sengketa dagang dengan AS yang sudah berlangsung dalam 16 bulan terakhir. China memaksa AS untuk mencabut tarif yang dikenakan di September sebagai bagian dari kesepakatan tahap awal. dimana kedua negara tersebut diharapkan dapat menandatanganinya sebelum akhir tahun ini. Indeks dollar menguat menjadi 97,50.

Data ISM Non-Manufacturing Angkat Dollar

Selain terangkat oleh isu perdagangan, dollar juga menguat setelah data PMI sektor jasa dirilis melebihi ekspektasi. ISM Non-manufacturing naik menjadi 54,7 di Oktober dari 52,6 di September, melebihi ekspektasi 53,5. EURUSD melemah 0.5% dan sterling turun 0.1%. Sementara ausie terpangkas penguatannya setelah RBA mempertahankan suku bunga dan menegaskan keprihatinannya mengenai belanja konsumen. ALID/USD menguat 0.2% meniadi 0.6892, setelah sempat ke level tertinggi di 0.6912. 

Emas Jatuh ke Bawah 1500 Karena Meningkatnya Risk Appetite

Harga emas iatuh hampir 2% kemarin, dan kembali bergerak ke bawah 1500 karena investor melarikan dananya dari safe haven untuk memburu asset berisiko di tengah harapan terciptanya kesepakatan dagang AS-China. Indeks Dow Jones mencatat rekor dalam dua sesi berturut-turut setelah berita yang menyebutkan para pejabat AS dan China serius untuk mencapai kesepakatan perdagangan parsial dengan mempertimbangkan mencabut tarif yang sebelumya sudah dikenakan. Harga emas spot turun 1,7% menjadi 51483.88, sementara emas berjangka AS turun 1,8% menjadi 51483.73.

Minyak Lanjutkan Penguatan Berkat Kemajuan Perundingan Dagang

Reli di bursa saham, harapan terciptanva kesepakatan dagang, Serta kemungkinan produksi minyak shale AS akan turun, mendorong penguatan harga minyak kemarin. Di bursa Wall Street, indeks Dow Jones mencetak rekor untuk kedua kalinya di dua sesi perdagangan setelah berita yang meyebutkan para pejabat AS dan China serius untuk mencapai kesepakatan perdagangan parsial dengan mempertimbangkan mencabut tarif yang sebelumya sudah dikenakan. Sementara itu. Kepala Eksekutif Pioneer Natural Resources Scott Sheffield, mengatakan bahwa dia memperkirakan Permian Basin, ladang serpihan top AS, akan melambat secara signifikan dalam beberapa tahun ke depan. Produksi minyak shale dalam lima tahun terakhir menjadi musuh OPEC setelah produksi minyak AS naik ke level tertingi, mendorong OPEC memangkas produksi untuk menstabilkan harga minyak. WTI naik 1.2%, sementara Brent menguat 1.3%.

Tunggu Perkembangan Dagang, Saham Asia Flat

Saham-saham Asia bergerak mendatar di awal perdagangan hari ini karena investor tengah menunggu perkembangan baru dari perundingan dagang AS-China. Indeks MSC’ Asia-Pacific di Juar Jepang tidak mengalami perubahan, sementara indeks Nikkei menguat Sementara itu, indeks saham berjangka AS (ESc1) melemah 0.05% hari ini, dimana indeks S&P 500 semalan terkoreksi 0.01% setelah mencatat rekor. 

Fokus Hari Ini : PMI Zona Euro, Pidato Evans & Williams

Tidak begitu banyak data-data ekonomi yang dirilis hari ini kecuali beberapa data PMI dari kawasan Eropa. Data tersebut akan menunjukkan seberapa sehat ekonomi di kawasan tersebut. Fokus pasar kernungkinan masih akan tertuju pada perkembangan perundingan dagang AS-China, yang terus mengalami kemajuan. Selain itu. ada pidato dari para pejabat the Fed, yaitu john Williams dan Charles Evans.

Comments Rating 0 (0 reviews)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sending

This div height required for enabling the sticky sidebar