Home / Analisa / Berita Fundamental 5 November 2019

Berita Fundamental 5 November 2019

/
/
/
226 Views
img

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Sentimen Positif Perundingan Dagang Angkat Dollar 

Dollar menguat atas mata uang safe haven, seperti yen dan Swiss Franc, didukung oleh meningkatnva aksi risk appetite seiring dengan meningkatnya harapan bahwa perundingan dagang AS-China bisa tercapai, Serta solidnya data non-farm payroll AS Jumat ‘alu. Sekretaris perdagangan AS, Wilbr Ross optimis bahwa kesepakatan dagang AS-China bisa ditandatangani bulan ini. Berita tersebut mendorong reli bursa saham global, mengurangi asset-asset safe haven. Dollar menguat 0,2% terhdap yen menjadi 108,44. Terhadap mata uang safe lainnya, Swiss franc, dollar juga menguat 0,2% menjadi 0.9873. Indeks dollar, yang mengukur bobot dollar atas enam mata uang lainnva menguat 0.1% menjadi 97,160.

Euro Melemah Menjelang Pidato Lagarde

Euro melemah terhadap dollar kemarin karena pelaku pasar tengah menanti pidato pertama ketua ECB yang baru Christine Lagarde. Namun mata uang tunggal Eropa tersebut masih bertahan dekat level tertinggi dalam beberapa minggu setelah Sekretaris Dagang AS Wilbur Ross mengatakan bahwa Washington tidak akan mengenakan tarif tambahan atas import kendaraan setelah adanya komunikasi yang baik dengan pengusaha otornotif uni Eropa, Jepang dan Korea.

Risk AppeHte Meningkat, Emas Koreksi 

Harga melemah kemarin di tengah meningkatnva minat beresiko. Harga emas spot turun di kisaran 51509.09. sementara emas berjangka AS turun 30 sen di kisaran 51511.10 per ons. Aksi risk appetite meningkat setelah optimisme terhadap perundingan dagang AS-China dapat tercapai, Beijing dan Washington Jumat lalu mengatakan bahwa mereka sudah mencapai kemajuan dalam perundingan dagang, yang mengalami kebuntuan dalam 16 bulan terakhir. Para pejabat AS mengatakan bahwa penandatangan bisa dicapai di bulan ini. Selain itu, solidnya data ketengakerjaan AS yang dirilis Jumat lalu berhasil mengurangi kekhawatiran perlambatan ekonomi yang dipicu oleh perang dagang.

Minyak Menguat Berkat Kemajuan Perundingan Dagang 

Harga minyak menguat lebih dari 1% kemarin, didorong oleh meningkatnya prospek permintaan setelah data ketenagakerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan, serta harapan bahwa AS dan China akan mencapai kesepakatan di bulan ini. Menurut sumber dari China, presiden China Xi Jinping dan Presiden AS Donald Trump telah melakukan berbagai cara dalam berkomunikasi. Harga minyak melonjak sekitar $2 per barel setelah pejabat AS mengatakan bahwa kesepakatan bisa dicapai bulan ini. Sementara itu, meningkatnya pertumbuhan sektor lapangan kerja AS, serta adanya revisi kenaikan di dua bulan sebelumnya telah mengurangi kekhawatiraan mengenai perlambatan ekonomi global. Para hedge fund mulai meningkatkan posisi long pada minyak dan Bensin. Harga minyak Brent naik 1,2% dan WTI naik 1,5% .

Saham Asia Menguat Berkat Kemajuan Perundingan Dagang

Saham-saham Asia mmenguat hari ini berkat meningkatnya harapan perundingan dagang AS dan China akan tercapai. Indeks MSC! Asia-Pacific di luar jepang flat, setelah menyentuh level tertinggi empat bulan di sesi sebelumnva. Sementara indeks Nikkei menguat Dari Wall Street, tiga indeks utama Wall Street mencatat penguatan semalam, dengan S&P 500 kembali mencatat rekor tertinggi bari di 3,078.27. 

Fokus Hari Ini : RBA, ISM Non-Manufacturing PMI AS 

Reserve Bank of Australia (RBA) akan menggelar rapatnya hari ini. Bank sentral Australia tersebut diperkirakan tetap mempertahankan suku bunga acuan di 0.75%. Namun pandangannya mengenai arah kebijakan ke depan akan menjadi sorotan pasar, terutama komentarnya mengenai target inflasi yang di kisaran 2-3%, Serta tingkat pengangguran di bawah 5%. Selain itu. ada ada ISM non-manufacturing AS.

Comments Rating 0 (0 reviews)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sending

This div height required for enabling the sticky sidebar