Home / Analisa / Berita Fundamental 4 November 2019

Berita Fundamental 4 November 2019

/
/
/
240 Views
img

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Dollar Melemah Meski NFP Lebih Baik dari Prediksi

Dollar melemah minggu lalu setelah the Fed memangkas suku bunganya sebesar 25 bos pada kisaran Tidak ada indikasi bahwa the Fed akan memangkas suku bunga lagi di akhir tahun ini. Kekhawatiran melambatnya ekonomi AS menjadi sentimen pemberat, dengan PDB AS melambat 1.9% di kuartal ketiga 2019. The Fed diperkirakan akan melanjutkan suku bunganya jika data ekonomi terus memburuk. Sementara itu, Wakil Ketua the Fed, Richard Clarida menyatakan bahwa penurunan suku bunga perlu diberlakukan untuk mengatasi perlambatan ekonomi global. Dollar sempat menguat setelah NFP AS tumbuh 128 ribu di Oktober, melebihi perkiraan pertumbuhan 90 ribu, namun kembali jatuh setelah PMI manufacturing kontraksi 48.3 di Oktober. Selama sepekan indeks Dollar melemah 0.6% menjadi 97.26. 

Euro dan Sterling Ungguli Dollar Berkat Sentimen Brexit

Dollar juga melemah setelah memudarnya pamor safe haven atas mata uang tersebut seiring dengan kemajuan positif dari perundingan dagang AS-Chna. Sementara euro berhasil menguat 0.8% minggu lalu setelah kekhawatiran no-deal Brexit mampu dihindari menyusul Uni Eropa yang setuju memperpanjang tenggat waktu Brexit. Sentimen Brexit juga berhasil mengangkat sterling yang menguat 0.9% minggu lalu.

Abaikan Data NFP, Emas Kokoh di Atas 1500

Harga emas kokoh bertahan di atas 1500 minggu lalu, meski data non-farm payroll AS dirilis melebihi angka perkiraan. serta adanya perkembangan positif dari perundingan dagang AS-China. Hal ini membuktikan bahwa investor enggan untuk melepas asset emasnya. Logam mulia tersebut naik ke atas 1500 setelah the Fed memangkas suku bunganya dalam rapatnya minggu lalu. Analis melihat bahwa investor masih membutuhkan sarana lindung nilai dari potensi risiko di pasar saham, serta adanya kemungkinan pemangkasan suku bunga lanjutan di tahun 2020. Meski sentimen risk-on berhasil mengangkat indeks 500 kembali mencetak rekor. harga emas mampu menguat 0.5% pekan lalu.

Isu Oversupply Masih Membebani Harga Minyak

Harga minyak bernuktuatif minggu lalu. Harga tertekan setelah Energy Informanon Administration (EIA) melaporkan cadangan minyak AS yang naik juta barel, melebihi angka perkiraan 494 ribu kenaikan. EIA juga melaporkan bahwa produksi minyak AS masih melimpah yaiut sebesar 12,6 juta bph, meski aktifitas pengeboran turun ke level terendah 30 bulan. Harga minyak kemudian melonjak di akhir minggu setelah rilisan data non-farm payrol (NFP) yang lebih tinggi di atas perkraan. NFP tumbuh 128 ribu di Oktoberm jauh lebih baik baik dibadingkan pertumbuhan bulan lalu yang mencapai 89 ribu. Selain itu. berita positif dari perundingan dagang setelah China mengatakan telah mencapai konsensus dengan AS. Selama sepekan minyak WTI melemah sementara Brent naik 0.2%. 

Saham Asia Menguat Berkat Kemajuan Perundingan Dagang

Saham-saham Asia naik ke level tertinggi 14 minggu hari ini berkat meningkatnya optimisme mengenai perundingan dagang AS-China, Serta solidnya data ketengakerjaan AS yang dirilis Jumat lalu. Indeks MSCi Asia-Pacific di luar Jepang menguat di awal perdagangan dan menventuh level tertinggi sejak 29 juli. China dan AS mengatakan bahwa perundingan dagang mengalami kemajuan. 

Fokus Minggu Ini : Fed, Lagarde, BOE dan RBA Meeting

Beberapa agenda pasar akan hadir di minggu ini, diantaranya komentar para pejabat the Fed, seperti Patrick Harker, John William, Charles Evan dan Robert Kaplan. Ketua ECB yang baru, Christine Lagarde juga akan menyampaikan visinva bagi ekonomi zona euro, Serta arah kebijakan. BOE dan RBA akan menggelar rapatnya. Pasar juga masih akan menyoroti perkembangan Brexit dan perundingan dagang AS-China.

Sending
User Review
0/10 (0 votes)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar