Home / Analisa / Berita Fundamental 31 Oktober 2019

Berita Fundamental 31 Oktober 2019

/
/
/
315 Views
img

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Dollar Melemah Setelah The Fed Pangkas Suku Bunga

Dollar melemah terhadap mata uang utama dunia lainnya setelah the Fed memangkas Suku bunganya untuk ketiga kalinya di tahun ini. Namun, the Fed memberi sinyal bahwa siklus pemangkasan kemungkinan akan berhenti. The Fed menurunkan suku bunga acuan 25 basis poin (bps) ke kisaran 1,5% hingga Ketua the Fed, Jerome Powell mengungkapkan bahwa langkah tersebut diambil untuk menjaga ekonomi AS tetap kuat dalam menghadapi pertumbuhan global dan memberikan perlindungan dari risiko yang akan terjadi ke depan. Powell juga mengisyaratkan tidak akan mengubah tagi suku bunganya kecuali kondisi ekonomi AS semakin memburuk. Indeks dollar yang sempat menguat ke 98,00 setelah pernyataan Powell, akhirnya turun ke kisaran 97.53. 

Loonie Melemah Setelah BOC Pertahankan Suku Bunga

Loonie melemah terhadap dollar kemarin setelah Bank of Canada (BOC) mempertahankan suku bunganya di level 1.75%. Dalam pernyataannya BOC menyebutkan bahwa dengan adanya konflik dagang ekonomi Kanada akan semakin diuji. Daiam rapatnya tersebut BOC menaikkan proyeksi pertumbuhan 2019 menjadi dari 1.3%, namun menurunkan proyeksi pertumbuhan 2020 dari 1,9% menjadi  1,7%.

Emas Menguat Setelah FOMC, Laju Saham Batasi Penguatan

Setelah tiga hari mengalami penurunan. harga emas menguat kemarin setelah the Fed memangkas suku bunganya. Meski begitu, harga emas masih di bawah level psikologi 1500 karena meningkatnya risk appetite. Emas dan safe haven lainnya dalam beberapa hari terakhir mendapat tekanan setelah saham AS menguat, mendorong S&P 500 naik ke level tertinggi baru. Pamor emas sebagai safe haven meredup setelah eforia terjadinya kesepakatan perdagangan AS-China. Dalam rapatnya dini hari (WIB), the Fed memangkas suku bunga acuannya sebesar 25% pada kisaran 1.50% – 1,75%. Pemangakasan suku bunga the Fed sebesar 25 bps sudah diantisipasi pasar, oleh karena itu, harga emas tidak terlalu bereaksi terhadap keputusan tersebut.

Minyak Melemah Setelah Rilis Data EIA

Harga minyak melemah kemarin setelah data yang menunjukkan cadangan minyak AS naik melebihi perkiraan dan data PDBAS yang turun di bawah 2%. PDB AS melambat menjadi 1.9% di kuartal ketiga 2019. Cadangan minyak AS naik juta barel minggu lalu, menurut laporan dari Energy Information Administration (EIA). Angka tersebut jauh di atas estimasi analis yang memperkirakan kenaikan 494 ribu barel. Namun cadangan bensin turun 3 jta barel, melawan prediksi penurunan 2,19 juta barel. Destilasi juga turun 1 juta barel. lebih kecil dari perkiraan penurunan 2.35 juta bare’. Laporan EIA juga menyebutkan bahwa produksi AS Saat ini mencapai 12,6 juta bph dalam empat minggu berturut-turut. Harga minya WTI turun 0.9% menjadi $55,06 per bareL Sementara minyak jenis Brent turun 1.6% menjadi $60.61.

Saham Asia Reli Setelah Keputusan the Fed

Saham-saham Asia menguat pagi ini setelah the Fed memangkas lagi suku bunganya sebesar 25 bps. Indeks Kospi menguat 0.55% setelah hasil earning perusahaan Samsung yang lebih baik dari perkiraan. Saham perusahaan tersebut menguat lebih dari 1%. Indeks Nikkei menguat 0.49%, sementara indeks MSC’ Asia Pacific di Juar jepang menguat 0.23%. Di Wall Street, indeks S&P 500 menyentuh level tertinggi baru.

Fokus Hari Ini : Bo], CPI Zona Euro, Core PCE AS 

Setelah the Fed menggelar rapatnya dini hari tadi, giliran Bank of Japan (Bo]) hari ini akan mengadakan rapat, dengan perkiraan tetap mempertahankan suku bunga di minus 0.1%. Namun. yang akan jadi fokus pasar adalah pernyataan Bo] mengenai arah kebijakan ke depan. Selain Bo], pasar juga akan menyimak data retail sales jerman, data inflasi zona euro. Dari AS, ada data personal spending dan Core PCE.

Comments Rating 0 (0 reviews)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sending

This div height required for enabling the sticky sidebar