Home / Analisa / Berita Fundamental 30 Oktober 2019

Berita Fundamental 30 Oktober 2019

/
/
/
325 Views
img

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Dollar Melemah Karena Meningkatnya Risk Appetite

Dollar melemah kemarin menjelang FOMC meeting, yang akan memberi gambaran mengenai arah kebijakan the Fed. Dollar juga melemah karena meningkatnya risk appetite setelah optimisme pasar no deal Brexit bisa dihindari. Sementara itu, ketegangan dagang masih ada, namun mulai reda setelah Presiden AS Donald Trump mengatakan kesepakatan perdagangan dengan China bisa lebih cepat dari yang diperkirakan, meski tidak merinci waktunya. Washington juga sedang mempertimbangkan apakah akan memperpanjang penangguhan tarif yang akan berakhir pada bulan Desember. Indeks dollar, yang mengukur bobot dollar atas enam mata uang utama dunia lainnya turun 0.1% menjadi 97,470.

Sterling Rebound Berkat Harapan No-Deal Brexit Bisa Dihindari 

Sterling menguat atas dollar kemarin setelah pemimpin oposisi Partai Buruh Jeremy Corbyn mengatakan bahwa partainya mendukung pemilu sebelum Desember karena Uni Eropa teiah menyetujui tenggat waktu Brexit hingga 31 Januari 2020. Parlemen Inggris akan kembali mengadakan voting, setelah Senin lalu menolak permintaan ketiga PM Boris Johnson untuk pernilu. GBP/USD menguat 0.2% menjadi 1.2886.

Emas Melemah Menjelang FOMC

Harga emas kernbali melanjutkan pelemahannya kemarin menjelang FOMC meeting, yang diperkirakan akan memangkas suku bunga sebesar 25 bps. Analis melihat bahwa pemangkasan tersebut sudah diantisipasi pasar sehingga tidak terlalu berpengaruh bagi emas, kecuali jika nanti the Fed memberikan pandangan yang lebih dovish. Menurut survei dari CNBC sebesar 63% meyakini bahwa the Fed akan mempertahankan suku bunga hingga akhir tahun ini setlah pemangkasan di bulan Oktober ini. Turut menekan harga, perkembangan positif dari perundingan dagang mengurangi pamor emas sebagai safe haven. Harga emas spot turun 0.2% menjadi 1489, sementara emas berjangka AS turun menjadi 1490,70.

Minyak Flat Menjelang Data Cadangan Minyak AS, JEA

Harga minyak bergerak dalam kisaran sempit kemarin karena pelaku pasar masih khawatir mengenai cadangan minyak, Serta rendahnya prospek permintaan global. Baik minyak Brent maupun WTI, keduanya bergerak tipis menjelang data cadangan minyak yang akan diumumkan oleh American Petroleum Institute (API) dan Energy Information Administration (EIA). Minggu lalu, data tersebut mengalami penurunan, vang mendorong kenaikan harga. Sentimen minvak tertekan kemarin setelah International Energy Agency (IEA) menurunkan proyeksi permintaan minyak tahun 2019 dan 2020. ‘EA menurunkan proyeksi permintaan 2019 sebesar 100 ribu bph menjadi sekitar 1 juta bph, dan memangkas proyeksi 2020 pada jumlah yang sama menjadi 1,2 juta bph. Harga minyak jenis WTI turun 0.5% menjadi $55,54 per barel, sementara Minyak Brent hanya naik 2 sen menjadi 61.59 per barel.

Reli Saham Asia Tersendat 

Reli saham Asia terhenti hari ini karena prospek pemangkasan suku bunga the Fed diimbangi oleh kekhawatiran perundingan dagang AS-China. Laporan Reuters menyebutkan bahwa pejabat pemerintahan AS mengatakan bahwa kesepakatan antara AS-China mungkin tidak akan selesai hingga penandatanganan di Chili bulan depan seperti yang diperkirakan. Indeks MSCI Asia-Pacific di luar jepang melemah.

Fokus Hari Ini : ADP & PDB AS, BOC & FOMC 

The Fed akan menggelar rapatnya dini hari ini, yang diperkirakan akan memangkas suku bunga 25 bps menjadi 1.75%. Pasar juga akan mencermati pernyataan ketua The Fed Jerome Powell mengenai arah suku bunga ke depan. jika dovish, dollar kemungkinan bisa melanjutkan koreksi. Namun sebelum itu, ada data inflasi Jerman, kemudian dilanjut dengan ADP dan PDB AS. Juga ada rapat BOC.

Sending
User Review
0/10 (0 votes)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar