Home / Analisa / Fundamental / Berita Fudamental 28 Agustus 2019

Berita Fudamental 28 Agustus 2019

/
/
/
432 Views
img

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Fundamental 28 Agustus 2019

Dollar Melemah Atas Yen, Karena Kehawatiran Perang Dagang, Resesi

Kekhawatiran mengenai sengketa dagang AS-China mendorong investor ke aset safe-haven, ditambah dengan inversi kurva yield obligasi AS, mendorong penguatan yen atas dolar. Yield obligasi AS tenor 10 tahun jatuh di bawah tenor dua tahun. Inversi kedua yield yang semakin dalam mengidikasikan resesi, menekan dollar, beberapa hari setelah AS dan China melakukan retaliasi tarif minggu lalu. China akan menaikkan tarif terhadap produk-produk AS senilai $75 miliar, yang kemudian dibalas AS dengan menaikkan tarif 30% dari 25% atas produk-produk AS senilai $250 miliar. Di awal minggu Presiden Trump mengatakan bahwa China bersedia melakukan perundingan, namun China menyanggahnya. Yen Jepang menguat 0.34% pada kisaran 105,75. Di tahun ini, yen sudah menguat sekitar 3.45% atas dollar berkat eskalasi perang dagang.

Sterling Menguat Setelah Komentar Corbyn

Pelemahan dollar juga mendorong rival-rivalnya rebound, seperti poundsterling yang kemarin berhasil mencatatkan penguatan sebesar 0.6% atas dollar pada kisaran 1.2288. Sentimen poindsterling juga terangkat setelah pemimpin oposisi Partai Buruh, Jeremyn Corbyn, megatakan bahwa dia akan mengupayakan untuk menghindari Inggris keluar dari Uni Eropa tanpa kesepakatan.

Profit Taking Batasi Kenaikan Emas

Harga emas turun kemarin berkat permintaan safe haven di tengah ketidakpastian global. Sebelumnya harga sempat terkoreksi dari level tertinggi enam tahunnya, setelah presiden AS Donald Trump mengatatakan bahwa perundingan dengan China mengenai tarif akan kembali dirnulai. Namun Beijing menolak untuk mengkonfirmasi pernyataan tersebut. Perang dagang antara dua ekonomi terbesar di dunia telah mengguncang pasar sejak dimulai lebih dari setahun yang lalu, memicu kekhawatiran perlambatan ekonomi global. Hal itu membantu emas, yang sering dipandang safe haven di tengah ketidakpastian global.

Minyak Menguat Berkat Turunnya Cadangan Minyak AS

Harga minyak naik di tengah perdagangan yang sangat voalatile kemarin karena adanya perkiraan turunnya cadangan minyak AS. Namun kenaikan harga terbatas karena pasar masih khawatirn mengenai ancaman resesi serta ketidakpastian perundingan dagang AS-China. Harga naik setelah data dari American Petroleum Institute (API) menunjukkan cadangan minyak AS turun melebihi perkiraan. Stok minvak mentah AS turun tajam pekan lalu karena impor turun, anjlok 11,1 juta barel, dibandingkan dengan ekspektasi untuk penurunan 2 juta barel. Kini, pelaku pasar akan menantikan laporan dari Energy Information Administration (EIA). Sementara itu, kebdakpastian perundingan dagang masih membayangi sentimen setelah kementrian tuar negeri China mengatakan bahwa tidak ada komunikasi antara AS dan China mengenai perdagangan. Minyak Brent naik 1,4%, sementara WTI naik 2.4%. 

Dibayangi Kekhawatiran Prospek Pertumbuhan Global, Saham Asia Bertahan

Saham-saham Asia bertahan hari ini setelah indeks saham berjangka AS mengalami penguatan setelah dilanda aksi jual semalam. Namun kekhawatiran mengenai prospek pertumbuhan global masih membayangi sentimen. Kurva yield obligasi AS mengalami inversi semakin dalam, memicu penurunan Wall Street semalam. Indeks MSC! Asia-Pacific di luar Jepang turun 0.03%, sementara Nikkei menguat 0.04%.

Fokus Hari Ini: EIA

Data-data ekonomi yang dirilis hari ini kebanyakan data-data lapis kedua atau hanya berdampak moderat terhadap sentimen pasar. Fokus pasar kemungkinan akan tertuju pada laporan Energy Information Administration (EIA) mengenai cadangan minyak AS, yang diperkirakan turun 2.3 juta barel minggu lalu, melanjutkan penurunan di minggu sebelumnya yang sebesar 2,7 juta barel. Isu resesi masih jadi sorotan

Sending
User Review
0/10 (0 votes)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar