Home / Analisa / Berita Fundamental 24 September 2019

Berita Fundamental 24 September 2019

/
/
/
364 Views

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Dollar Menguat Atas Euro Karena Suramnya Ekonomi Zona Euro

Dolar menguat atas euro kemarin setelah suramnya data PMi manufaktur dan jasa di Eropa meningkatkan kekhawatiran kondisi ekonomi zona euro, meski data ekonomi AS juga dirilis beragam. Pertumbuhan bisnis di zona euro lesu bulan ini karena melambatnya ekonomi Jerman di mana sektor manufakturnya diterpa resesi. Manufacturing PMI Jerman kontraksi lebih dalam menjadi 41,4 dari bulan sebelumnya 43.5, melawan prediksi kontraksi 44,6. Sementara PMI sektor jasa melambat menjadi 52,5 dari 54.8, di bawah perkiraan 54.3. Sementara data manufacturing PMI AS justru mengalami pertumbuhan di atas perkiraan menjadi 51,0, dari 50,3. Namun sektor jasa tumbuh lebih rendah dari perkiraan 51,5, menjadi 51,5, di atas pertumbuhan bulan sebelumnva 50,7.

Ausie Pulih, Yen dan Swiss Franc Menguat

Ausie pulih kemarin setelah data PMI sektor lebih baik dari perkiraan. Service PMI Australia tumbuh 52.5 di September. setelah mengalami kotraksi 49,1 di bulan sebelumnya. Namun manufacturing PMI mengalami kontraksi menjadi 49.4, dari bulan sebelumnva vang tumbuh 50.9. Sementara yen dan Swiss franc menguat setelah pasar pesimis terhadap perundingan dagang AS-China.

Emas Kembali Bersinar Berkat Safe Haven

Harga emas kembali naik kemarin di tengah meningkatnya tensi geopolitik di Timur Tengah Serta lemahnya data ekonomi di Eropa, mendorong permintaan safe haven. Berita dari Timur Tengah menyebutkan presiden Iran Hassan Rouhani, mengatakan bahwa dia akan mengupayakan perdamaian di Teluk Persia di PBB. Namun, di Saat yang sama, Menteri Cuar Negeri Iran Jawad Zarif menegaskan bahwa Iran akan berperang habis-habisan jika negaranya ditargetkan oleh AS dan Saudi atas serangan 14 September lalu. Turut mendukung harga, utusan China riba-tiba membatalkan kunjungan ke biro pertanian AS di Montana, mempersingkat kunjunganya, yang disiapkan untuk negosiasi lanjutan di Oktober. 

Minyak Menguat Karena Ketidakpastian Pulihnya Porduksi Minyaak Saudi

Harga minyak naik sekitar 1% kemarin karena trader fokus pada kapan Arab Saudi bisa memproduksi minyaknya secara penuh pasca serangan yang terjadi pada fasilitas tanggal 14 September lalu. Harga minyak Brent naik sekitar pada kisaran $64, 77, sementara WTI menguat 1% di kisaran $58,64 per barel. Harga naik setelah laporan dari Wall Street Journal yang mengatakan bahwa perbaikan fasilitas mungkin akan memakan waktu yang lebih lama dari yang diperkirakan oleh Aramco. Minyak Brent sempat jatuh ke Ivel terendah harian di $63,53 setelah Reuters melaporkan bahwa Arab Saudi mampu memuhlihkan produksinya minggu depan. Menurut sumber Reuters, Arab Saudi telah memulihkan lebih dari 75% produksinva pasca secarangan yang merusak produksi 5.7 juta bph atau setengah dari produksi Kerajaan. 

Saham Asia Menguat Berkat Harapan Kemajuan Perundingan Dagang

Saham Asia menguat di tengah lemahnya data ekonomi Eropa. Indeks MSCI Asia-Pacific di luar Jepang menguat 0.06%. Aktifitas manufaktur Jerman turun ke level terendah sejak krisis di September, begitu juga dengan sektor jasa yang mengalami pertumbuhan terlambat dalam sembilan bulan. Kedua data tersebut memicu kekhawatiran memburuknya prospek ekonomi global. 

Fokus Hari Ini : Consumer Confidence AS & RBA

Perkembangan perundingan dagang AS-China kemungkinan masih akan jadi sorotan pasar. Sementara itu, data AS yang akan dirilis adalah kepercavaan konsumen yang diperkirakan menurun angkanya dari 135,1 , di Agustus menjadi 134,1 di September. Meski begitu. angka tersebut masih tetap tinggi. Selain itu, pasar juga akan fokus pada pernyataan ketua RBA Phillip Lowe yang akan menyampaikan pidato hari ini.

Comments Rating 0 (0 reviews)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sending

This div height required for enabling the sticky sidebar