Home / Analisa / Berita Fundamental 23 September 2019

Berita Fundamental 23 September 2019

/
/
/
375 Views

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Dollar Menguat Setelah The Fed Pangkas Suku Bunga

Dollar menguat minggu lalu setelah the Fed memangkas suku bunga sebesar 25 bps, namun tidak memberi petunjuk mengenai arah suku bunga ke depan. Keputusan the Fed juga membuat presiden AS Donald Trump kecewa dan kembali mengkritik keputusan the Fed tersebut. Trump menginginkan pemangkasan secara agresif. Menanggapi kritikan tersebut ketua the Fed Jerome Powell menegaskan bahwa dia dan koleganya akan bertindak secara proporsional dalam mengantisipasi data-data ekonomi untuk menjaga pertumbuhan. Dollar juga menguat di tengah ketidakpastian perundingan dagang AS-China setelah pejabat China secara tak terduga membatalkan kunjungan ke pertanian Montana dan Nebraska. Sementara the Fed memangkas suku bunga, Bo], BoE, dan SNB tetap mempertahankan kebijakannya. 

Sterling Koreksi Karena Mencuatnya Ketidakpastian Brexit 

Sterling terkoreksi dari level tertinggi beberapa bulan atas dollar dan euro setelah komentar Menteri Luar Negeri Irlandia yang mengatakan bahwa London dan uni Eropa masih jauh dari kesepakatan Brexit. Sebelumnya, sterling semoat terang setelah presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker hari Kamis mengatakan bahwa Brusel dan London bisa mencapai kesepakatan. 

Emas Bertahan di Atas $1500

Harga emas kembali naik ke atas level psikologi 51500 di tengah risiko geopolitik pasca serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi, serta kekhawatiran resesi global jika perang dagang AS-China kembali berlanjut. Harga emas spot naik 1.9% selama sepekan. Emas sempat terkoreksi ketika the Fed memangkas suku bunga hanya sebesar 25 bps, mengecewakan pelaku pasar yang menginginkan adanya pemangkasan 50 bps. Solidnya data consumer spending Serta ketengakerjaan menjagi indeks dollar tetap berada di atas kisaran 97 -98. Emas kemudian bangkit di akhir minggu setelah meningkatnya ketegangan di Timur Tengah Serta mencuatnya perang dagang AS-China.

Minyak Menguat Pasca Serangan Terhadap Fasilitas Minyak Saudi 

Harga minyak melonjak minggu lalu setelah serangan milisi Houthi terhadap fasilitas minyak Arab Saudi. Serangan tersebut meningkatkan kekhawatiran mengenai supply minyak global. Aramco mengatakan perusahaanya kehilangan setengah dari produksinya yang sebesar bph setelah serangan tersebut. Banyak analis yang memperkirakan bahwa perbaikan fasilitas di abqaiq akan memakan waktu berbulan- bulan, tidak seperb yang diperkirakan pihak kerajaan yang mengatakan produksi akan normal akhir September. Sementara pihak Aramco pada hari Jumat mengatakan bahwa perusahaan akan memiliki kapasitas produksi sebesar 11 juta bph di Nopember, jauh di atas produksi Saat ini. Meski sempat koreksi setelah terjadi lonjakan harga, baik minyak jenis Brent dan WTI naik lebih dari  6%.

Saham Asia Menguat Berkat Harapan Kemajuan Perundingan Dagang

Saham-saham Asia menguat pagi ini karena harapan akan adanya kemajuan perundingan dagang AS China. Sentimen bursa Asia terangkat setelah kantor Perwakilan Dagang AS menvatakan bahwa perundingan dua hari dengan China sebagai langkah yang produksi. Sementara perundingan tingkat tinggi akan dilaksanakan di Oktober. Indeks MSC] Asia-Pacifi di luar Jepang menguat 0.5%.

Fokus Minggu Ini : Draghi, PDB & Core PCE AS

Serangkaian data-data ekonomi, dan event akan kembali mewarnai pergerakan pasar keuangan di minggu ini. Diawali dari kawasan Eropa, ada PMI Jerman di awal minggu yang kemudian diikuti oleh pidator presiden ECB Mario Draghi. Sementara bank sentral yang menggelar rapatnya minggu ini adalah RBNZ. Sedangkan data-data ekonomi AS yang akan diriis antara lain, consumer confidence, PDB, Serta Core PCE.

Sending
User Review
0/10 (0 votes)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar