Home / Analisa / Berita Fundamental 22 November 2019

Berita Fundamental 22 November 2019

/
/
/
164 Views
img

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Berita Fundamental

Dollar Menguat Karena Faktor Safe Haven

Dollar menguat kemarin berkat faktor safe haven karena pelaku pasar tengah menunggu perkembangan perundingan dagang AS-China dan di tengah meningkatnya skeptisme mengenai kemajuan perundingan tersebut. Pergerakan cenderung sepi karena pasar juga akan mencermati survei manufaktur global vang akan dirilis, untuk mengetahui seberapa kuat pengaruh negatif sengketa dagang AS-China terhadap ekonomi global. Pelaku pasar untuk sementara bisa menarik napas setelah laporan Wall Street Journal yang mengatakan bahwa Cina sudah mengundang negosiator AS untuk melakukan perundingan dagang. Wakil PM China. Liu He, yang juga merupakan kepala negosiator China. mengatakan bahwa dia sangat optimis pada kesepakatan tahap awal, menurut laporan Bloomberg. Terhadap yen dollar menguat menjadi 108.58.

Euro Gagal Lanjutkan Penguatan 

Euro gaga! melanjutkan penguatannya dan tertahan di bawah level 1.1100 dalam perdagangan vang cenderung sepi. Sementara itu, dalam ECB minutes kemarin, pelaku pasar tidak mendapatkan informasi baru seperti yang diperkirakan.

Emas Jatuh Karena Berita Positif dari Perundingan Dagang AS-China

Harga emas melemah kemarin setelah adanya berita bahwa China mengundang negosiator AS untuk melanjutkan perundingan dagang, namun perkembangan yang bervariasi dari isu dagang tersebut membatasi penurunan.Cina berusaha untuk mencapai kesepakatan tahap awal dengan AS dan membuka komunikasi terbuka. Wall Street journal melaporkan bahwa Beijing sudah mengundang negosiator dagang AS untuk memulai pembicaraan. Penurunan emas juga rnampu dibatasi oleh pelemahan saham. Analis melihat bahwa jika saham melanjutkan penguatan, harga emas bisa tertekan. Sementara itu, AS berencana akan menaikkan tarif atas barang-barang China pada tanggal 15 Desember. Harga emas spot turun 0.5% menjadi $1464,43 per ons. Sementara emas berjangka AS turun O, 7% menjadi 1463.60.

Minyak Menguat Berkat OPEC

Harga minyak menguat kemarin setelah berita yang menyebutkan bahwa OPEC akan memperpanjang pemangkasan output. Dengan kenaikan 3% di hari Rabu, harga sudah menutup pelemahan 5% yang terjadi minggu ini. Pergerakan minyak pada dasarnya tidak bisa dipisahkan dengan pergerakan saham, di mana isu perdagangan masih berpengaruh dalam beberapa minggu terakhir. Sebelumnya minyak naik setelah data yang menunjukkan kenaikan cadangan minvak AS yang lebih kecil dari perkiraan, serta setelah Rusia mendukung program pemangkasan output. Terakhir, harga naik setelah sumber OPEC mengatakan kepada Reuters bahwa OPEC dan produsen minyak lainnva akan memperpanjang pemangkasan outuput sampai pertengahan juni 2020 ketika merekan mengadakan rapat pada 5-6 Desember. 

Saham Asia Rebound dari Level Terendah Tiga Minggu

Saharn Asia rebound dari level terendah tiga minggu, namun penguatan dibatasi oleh kekhawatiran pasar mengenai prospek perundingan dagang AS-China. indeks MSCI Asia-Pacific di luar Jepang menguat 0.12% di awal sesi perdagangan hari ini. Kemarin indeks tersebut turun 1.41%, menyentuh level terendah sejak 30 Oktober karena kekhawatiran bahwa RUIJ AS terkait Hong Kong bisa menggangu proses perundingan.

Fokus Hari Ini : PMI Zona Euro & Pidato Lagarde

Kawasan zona Eropa akan merilis data PMI hari ini, yang akan menunjukkan seberapa sehat kondisi perekonomian di negara tersebut. Data tersebut tidak hanya berdampak pada pergerakan euro, namun bisa berpengaruh pada pasar secara keseluruhan karena data tersebut mengindikasikan kecenderungan pertumbuhan global. Sebelum data ada pidato Ketua ECB Christine Lagarde.

Comments Rating 0 (0 reviews)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sending

This div height required for enabling the sticky sidebar