Home / Analisa / Berita Fundamental 20 September 2019

Berita Fundamental 20 September 2019

/
/
/
982 Views

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Dollar Melemah Karena Bank Sentral Dunia Menahan Pemangkasan Suku Bunga

Dollar melemah atas mata uang utama dunia lainnya kemarin setelah beberapa bank sentral negara maju mempertahankan kebijakan setelah pemangkasan suku bunga the Fed. Sterling reli setelah pernyataan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker yang meningkatkan harapan terjadinya kesepakatan Brexit. Kemarin, SNB, BOJ dan BoE mempertahankan suku bunganya dalam rapatnya. Sedangkan bank sentral Norwegia justru menaikkan suku bunga, terbalik dengan kebijakan Eropa dan AS. Sebelumnnya. the Fed memangkas suku bunga sebesar 25 untuk menjaga ekonomi tetap ekspansi. Sementara itu, Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) memangkas proyeksi pertumbuhan untuk 2019 dan 2020. PDB AS diperkirakan tumbuh 2,4% tahun ini, lebih rendah dari proyeksi yang dibuat Mei sebesar 2,8%.

Dollar Jatuh Setelah Tekanan Pasar Uang Mereda

Dollar melemah atas euro, dengan pair EUR/USD menguat menjadi 1.1051. Terhadap yen, dollar melemah 0.42% menjadi 107,99. Beberapa analis mengaitkan pelemahan dollar terjadi karena tekanan di pasar uang AS telah mereda setelah The Fed menyuntikkan dan lebih dari $ 200 miliar ke dalam sistem perbankan sejak Selasa.

Emas Bertahan di Atas $1500 

Data ekonomi AS yang dirilis semalam tidak terlalu berpengaruh pada pergerakan harga emas. Logam mulia tersebut bertahan di atas $1500 per ons menyusul solidnya data existing home sales yang naik melebihi perkiraan. Existing home sales naik menjadi 5,49 juta unit bulan lalu, dibanding bulan Juli yang sebesar 5,42 juta. Sementara itu, dollar justru menguat meski the Fed memangkas suku bungaya dalam rapatnya kemarin. The Fed tinggal menyisakan dua rapatnya di tahun ini, yaitu, Oktober dan Desember, namun belum ada kepastian apakah the Fed akan kembali memangkas suku bunganya lagi. Alat Fed Rate Monitor dari Investing.com menempatkan probabilitas pemangkasan suku bunga di Oktober kurang dari 50% .

Minyak Menguat Karena Kekhawatiran Berkurangnya Pasokan Saudi

Harga minyak menguat kemarin di tengah kekhawatiran berkurangnya pasokan yang lebih lama dari perkiraan setelah serangan terhadap fasilitas minyak Arab Saudi minggu lalu dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah. Serangan tersebut mengurangi setengah dari produksi minyak Arab Saudi dan membatasi kapsitas cadangannya. Konflik semakin meningkat ketika AS dan Arab Saudi menuduh Iran ada di balik serangan tersebut. AS mengatakan bahwa saat ini mereka tengah membanguun koalisi untuk mencegah ancaman dari Iran pasca serangan 14 September. Sementara itu, Wall Street Journal memberitakan bahwa Arab Saudi telah meminta Organisasi Minyak Irak (SOMO) mensuplai sebanyak 20 juta barel minyak mentah untuk kilangnya, namun dibantah oleh SOMO (State Organization for the Marketing of Oil). 

Saham Asia Menguat Berkat Stilmulus Global 

Saham-saham Asia menguat hari ini setelah pemberian stimulus global mengurangi kekhawatiran mengenai perlambatan ekonomi. Jika dibandingkan dengan benua lainnya, saham-saham di Asia masih tertinggal, dengan indeks MSCI Asia-Pacific di luar Jepang memcatatkan penurunan mingguan pertama, dalam lima hari terakhir. Namun, pagi ini indeks tersebut menguat sekitar 0,08% Nikkei naik 0,34%.

Fokus Hari Ini : Pidato William & Rosengren  

Di tengah minimnya data-data ekonomi hari ini, fokus pasar kemungkinan akan tertuju pada komentar beberapa pejabat the Fed. Ada dua pejabat the Fed yang akan memberikan pidatonya hari ini, yaitu, John William, ketua the Fed distrik New York dan Eric Rosengren, ketua the Fed distrik Boston. Pasar akan mencari petunjuk mengenai arah kebijakan setelah pemangkasan suku bunga minggu ini.

Comments Rating 0 (0 reviews)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sending

This div height required for enabling the sticky sidebar