Home / Analisa / Berita Fundamental 19 November 2019

Berita Fundamental 19 November 2019

/
/
/
196 Views
img

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Berita Fundamental

Dollar Tertekan Oleh Ketidakpastian Perundingan Dagang

Dolar AS melemah kemarin setelah Iaporan CNBC yang menyebutkan bahwa bahwa pemerintah Cina pesimis bahwa kesepakatan perdagangan akan segera ditandatangani. Laporan itu, yang mengutip sumber-sumber pemerintah, mengatakan bahwa sikap pesimis muncul disebabkan keengganan Presiden AS Donald Trump untuk menurunkan tarif. China telah mendorong kedua belah pihak untuk menghapus tarif Saat mereka melakukan negosiasi dagang tahap awal. Sementara Trump mengatakan bahwa dia tidak setuju untuk mengakhiri tarif, menimbulkan ketidakpastian apakah kesepakatan akan tercapai. Kedua belah pihak memang mengatakan bahwa mereka telan membuat kemajuan, namun tidak memberikan rincian tentang hasil pembicaraan. Indeks dollar, melemah 0.2% menjadi 97.700.

Partai Konservatif Kemungkinan Memenangkan Pemilu, Sterling Menguat

Sterling stabil, setelah naik 0.4% di awal sesi menyusul berita yang menyebutkan bahwa semua kandidat Partai Konserva6f pada perniiihan 12 Desember berjanji untuk mendukung kesepakatan Brexit yang dibuat Perdana Menteri Boris Johson. Menurut survei, Partai Konservatif akan memenangkan pemilihan. 

Ketidakpastian Perundingan Dagang Angkat Emas 

Harga emas kembali menguat kemarin karena faktor safe haven di tengah ketidakpastian perundingan dagang setelah pemerintah Beijing menyatakan kekhawatirannya ata proses impeachment presiden Trump. Harga emas, baik emas berjangka AS, maupun spot menguat, meski Wall Street kembali mencetak rekor setelah pemerintah AS memberikan perpanjangan 90 hari kepada perusahaan AS untuk berbisnis dengan perusahaan teknologi Cina Huawei. Naiknva emas didorong oleh laporan CNBC yang menyebutkan bahwa Cina tidak akan mengadakan perjanjian dalam waktu dekat dan lebih suka menunggu dan melihat proses impeachment terhadap Trump. Hal itu telah mengurangi kemungkinan tercapainya kesepakatan tahap awal. Emas berjangka AS menguat 02%, sementara harga emas spot naik 0.3%.

Minyak Tertekan di Tengah Pesimisme Kesepakatan Dagang 

Harga minyak kembali melemah kemarin, setelah mencatatkan penguatan mingguan karena ketidakpastian perundingan dagang AS-China. Media pemerintah China Xinhua Sabtu lalu melaporkan bawha AS dan China telah melakukan pembicaraan yang konstruktif. namun tidak memberikan rinciannya. Sementara kemarin, CNBC mengutip sumber pernenrintah China yang mengatakan bahwa pemerintah Beijing pesimis atas kesepakatan tersebut karena Presiden Trump enggan untuk menurunkan tarif. Harga minyak juga tertekan oleh kekhawatiran oversupply di tahun mendatang dan berharap OPEC akan melanjutkan program pemangkasan output guna menghindari kelebihan pasokan. Minggu lalu OPEC memperkirakan permintaan minvak akan turun di tahun 2020. Minyak Brent turun dan WTI turun  1.54%.

Dibayangi Ketidakpastian Perdagangan, Saham Asia Melemah

Saham-saham Asia melemah hari ini karena pelaku pasar tengah menantikan perkembangan baru seputar perundingan dagang. Kemarin, CNBC melaporkan bahwa China pesimis bahwa kesepakatan dagang akan ditandatangani. Di Sisi lain, pemerintah AS memperpanjang ijin perusahaan AS untuk berbisnis dengan perusahaan teknologi China Huawei. Indeks MSC Asia-Pacific di luar Jepang melemah 0.1%. 

Fokus Hari Ini : Data Perumahan AS & Pidato John Williams

Reserve Bank of Australia (RBA) sudah merilis minutes-nya pagi tadi, pelaku pasar kini tengah menunggu FOMC dan ECB minutes untuk mengetahui lebih jelas mengenai arah kebijakan. Namun sebelum itu, ada beberapa data yang layak disimak hari ini, diantaranva adalah data perumahan AS, yang meliputi housing starts dan buliding permits. Selain itu. ada juga pidato dari anggota the Fed john Williams.

Sending
User Review
0/10 (0 votes)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar