Home / Analisa / Berita Fundamental 18 November 2019

Berita Fundamental 18 November 2019

/
/
/
213 Views
img

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Berita Fundamental

Isu Dagang Kembali Tekan Dollar Minggu Lalu, Data

Dinamikan perundingan dagang masih menjadi sorotan pasar pasar mingg lalu, begitu juga dengan testimoni ketua the Fed Jerome Powell di Kongres. Dollar melemah Jumat lalu karena optimisme perundingan dagang dengan China mendorong penguatan mata uang terkait dengan isu tersebut, seperti euro dan pondsterling. Sementara mata uang safe haven, seperti Yen Jepang mengalami tekanan. Dollar juga tertekan setelah aktifitas manufaktur di AS menunjukkan perlambatan. Produksi manufaktur turun di Oktober, sementara indeks manufaktur New York turun ke 2,9. Sementara itu, retail sales AS yang naik 0.3% di Oktober gaga! mengangkat dollar. Indeks dollar turun selama sepekan.

Sterling dan Kiwi Menguat, Ausie Tertekan

Sterling menguat minggu lalu di tengah pelemahan dollar dan setelah pimpinan Partai Brexit Nigel Farage menyatakan partainya tidak akn menentang kursi yang dipegang Partai Konservatif. Sementara it”, kiwi juga menguat setelah RBNZ mempertahankan suku bunga di 1%, di luar perkiraan analis yang memangkas 25 bps. Sedangkan ausie tertekan setelah data ketenagakerjaan Australia yang lebih rendah dari perkiraan.

Meski Jumat Koreksi, Harga Emas Masih Naik Pekan Lalu

Harga emas menguat minggu lalu di tengah simpang siurnya isu perdagangan. Ketidakpastian perundingan dagang mencuat setelah presiden Trump menolak untuk mencabut tarif yang sudah dikenakan atas barang- barang import China. Sementara China juga enggan membeli produk pertanian AS sebagai kesepakatan dagang tahap awal. Ketidakpastian tersebut mendorong investor untuk melirik emas menjadi safe haven. Namun, di akhir minggu optimisme perang dagang meningkat setelah Penasihat Ekonomi pemerintah Amerika Serikat (AS), Larry Kudlow mengatakan bahwa pembicaraan AS dan Beijing sudah sangat konstruktif. mendorong bursa AS mencetak rekor dan mengurangi pamor safe haven Emas. Meski demikian, selama sepakan harga emas spot masih mencatatkan penguatan sekitar  0.6%.

Minyak Fluktuatif di Tengah Isu Perdagangan

Isu perdagangan masih menjadi faktor penggerak harga minvak minggu lalu. Di awal minggu, harga minvak sempat tertekan oleh ketidakpastian perundingan dagang AS-China setelah Presiden AS Donald Trump menolak untuk mencabut tarif atas barang-barang China, seperti yang diharapkan China. Ketidakpastian perundingan semakin mencuat ketika China juga enggan untuk memberi produk pertanian AS senilai $50 miliar. Sentimen semakin tertekan setelah Energy Information Administration (EIA) melaporkan cadangan minyak AS naik 2.2 juta bare’. Namun di akhir minggu minyak reli setelah Larry Kudlow mengatakan bahwa pembicaraan AS dan Beijing sudah sangat konstruktif. Sementara itu. Sekretaris Perdagangan AS Wilbur Ross. mengatakan pembahasan perdagangan AS-China akan dilanjutkan melalui panggilan telepon.

Tunggu Perkembangan Perdagangan, Saham Asia Flat

Saham-saham Asia terlihat flat di awai perdagangan hari ini karena pelaku pasar masih menunggu perkembangan baru dari perundingan dagang AS-China. meski sentimen masih didukung oleh penguatan Wall Street yang mencatatkan rekor. Indeks MSC! Asia-Pacific di luar Jepang turun 6pis 0.06% di tengah sepinya perdagangan. Sementar indeks Nikkei menguat indeks berjangka AS ESc1 terkoreksi 0.1%.

Fokus Hari Ini : Fed & ECB Minutes, PMI Euro Zone, Jepang & AS 

The Fed dan ECB akan merilis Minutes-nya minggu ini. Pelaku pasar juga akan mencermati komentar dari pejabat bank sentral sentral. Dari the Fed, john William. Loreta Mester dan Neel Kashkari akan menvampaikan pidatonya. Dari ECB, Christine Lagarde yang terpilih sebagai presiden baru, juga akan menyampaikan pidato. Sedangkan data ekonomi yang akan jadi fokus adalah PMI Jepang, zona euro dan AS.

Sending
User Review
0/10 (0 votes)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This div height required for enabling the sticky sidebar