Home / Analisa / Berita Fundamental 17 September 2019

Berita Fundamental 17 September 2019

/
/
/
516 Views

Berikut ini ringkasan berita-berita penting terkait Market Review untuk hari ini yang bisa Anda gunakan untuk membantu menganalisa pergerakan harga di masa mendatang.

Dollar Menguat Setelah Serangan Terhadap Fasilitas Minyak Arab Saudi

Dollar menguat kemarin setelah pemerintah AS memerintahkan penggunaan cadangan minyak darurat sebagai respon atas serangan fasilitas minyak Arab Saudi, yang mendorong kenaikan harga minyak. Yen dan Swiss franc, yang keduanya merupakan mata uang safe haven melemah karena kekhawatiran terganggunya pasokan minyak global. Pada hari Minggu, Trump menagatakan bahwa ia telah mengotorisasi pelepasan Strategic Petroleum Reserve (SPR) dalam jumlah yang ditentukan. Trump juga menvatakan di siap berperang untuk membalas terhadap serangan tersebut. Sementara itu. mata uang berbasis komoditas, seperti crown Norwegia dan Dollar Kanada (loonie) diuntungkan oleh lonjakan harga minyak. Indeks dollar, yang mengukur bobot dollar atas enam mata uang lainnya menguat menjadi 98,641.

Euro dan Sterling Kompak Melemah

Euro dan sterling melemah kemarin di tengah penguatan dollar. Euro juga turun setelah komentar dovish dari pejabat ECB. Euro juga tertekan karena kekhawahran pengenaan tarif AS atas barang-barang Uni Eropa senilai $21 miliar. Sementara sterling melemah karena pertemuan antara PM Inggris Boris Johnson dan pejabat Uni Eropa Jean-Claude Juncker tidak menghasilkan keputusan apapun.

Emas Menguat Setelah Serangan Terhadap Fasilitas Minyak Arab Saudi 

Harga emas naik lebih dari 1% kemarin setelah serangan terhadap fasilitias minyak di Arab Saudi meningkatkan ketegangan di Timur Tengah, mendorong investor mengalihkan dananya ke asset safe haven. Reli minyak yang sebesar 20% sebagai respon atas serangan tersebut juga meningkatkan kekhawatiran potensi inflasi, dimana emas biasanya dijadikan sebagai lindung nilai.. Milisi Houthi, yang didukung Iran mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. Sementara itu presiden mengatakan “locked and loaded” siap bertempur setelah pejabat senior AS mengatakan Iran harus bertanggung jawab.

Minyak Melonjak Setelah Serangan Ke Aramco 

Harga minyak naik 15% kemarin, dengan minyak Brent mengaiami lonjakan terbesarnya dalam 30 tahun terakahir, setelah serangan atas fasilitas minyak Arab Saudi, yang memaksa negara tersebut memangkas setengah produksinya dan meningkatkan ketegangan di Timur Tengah. Serangan tersebut mengguncang pasar yang sudah mulai tenang dalam beberapa bulan terakhir. Indeks volatilitas pasar minyak mencapai level tertinggi sejak Desember lalu, dan aktifitas perdagangan menunjukkan potensi kenaikan atas harga minyak dalam beberapa bulan ke depan. Arab Saudi merupakan eksportir minyak terbesar dunia, dengan kapasitas cadangan yang besar. Serangan tersebut juga telah memaksa Aramco memangkas produksinya sebesar juta bph dan menimbulkan pertanyaan kemampuannya untuk mempertahankan ekspor minyak. Minyak Brent naik kenaikan terbesar sejak 1988 dan WTI naik 14, 7%.

Saham Asia Melemah Tipis, Investor Tunggu FOMC

Saham-saham Asia melemah tipis hari ini karena sentimen yang lemah mendorong asset-asset safe haven, seperti emas yang hari ini menunjukkan penguatan. Investor juga terlihat berhati-hati menjelang rapat regular the Fed vang akan berlangusng dalam dua hari mendatang. Indeks MSC Asia-pacifc melemah 0.48%, sementara saham di Jepang melemah 0.48% dan saham Australian melemah 0,18%.

Fokus Hari Ini : ZEW Jerman

Sembari menunggu keputusan the Fed mengenai kebijakan, fokus pasar hari ini akan tertuju pada data ZEW Jerman, Data tersebut akan menunjukkan sentimen ekonomi di jerman di mana angka sebelumnya menunjukkan pesimis minus 43,6 di Agustus. Sentimen di bulan September ini diperlukan mulai membaik, yaitu di angka minus 32,2, namun masih menunjukkan potensi resesi.

Comments Rating 0 (0 reviews)
  • Facebook
  • Twitter
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Buffer
  • stumbleupon
  • Reddit

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sending

This div height required for enabling the sticky sidebar